Pintar Merawat Kamera Foto Digital

Kamis, 27/09/2012 | 18:20 Wita 498 Views
FOTOGRAFER:
Praktis, relatif murah dan mudah digunakan adalah keunggulan yang dimiliki oleh kamera foto digital. Tidak mengherankan jika perangkat yang mulai marak digunakan di penghujung tahun 90-an ini begitu diminati.

Namun seperti pendahulunya yang masih menggunakan cara analog, kamera foto digital pun perlu mendapat perawatan agar kondisinya benar-benar sempurna. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar Anda tetap dapat merekam setiap kejadian dari lensa kamera.

1. Simpanlah kamera di tempat yang sejuk, kering dan kedap udara, hal ini dimaksudkan agar kamera terhindar dari jamur. Selain itu udara yang lembab dikhawatirkan dapat merusak komponen-komponen elektrik yang ada di dalam kamera. Kini banyak dijual tempat khusus kamera (hard pack) dalam berbagai ukuran, tinggal disesuaikan dengan besar dan jumlah perangkat kamera lain (seperti lensa) yang dimiliki. Jika tidak mempunyai dana khusus untuk membeli tempat ini, Anda bisa menggunakan stoples yang di dalamnya diberi silica gel.

2.
Jangan pernah meletakkan kapur barus di dekat kamera karena selain dapat menodai badan kamera, hal ini dikhawatirkan dapat merusak komponen yang ada di dalamnya. Hindari juga air - terutama air laut - yang dapat merusak.

3. Jangan biarkan kamera berada di bawah sinar matahari terlalu lama karena dapat merusak komponen-komponen di dalamnya. Demikian pula dengan perpindahan suhu yang ekstrem (dari panas ke dingin atau sebaliknya). Dianjurkan pula untuk selalu menggunakan tas kamera agar kamera juga terhindar dari benturan.

4. Bersihkan badan kamera secara rutin agar debu atau keringat yang menempel tidak merusak keindahan kamera. Gunakan tissue khusus dan blower agar lebih mantap.

5. Untuk kamera foto digital SLR sangat dianjurkan untuk menggunakan filter pada lensa agar tidak tergores. Jika sedang tidak digunakan, jangan lupa untuk memasang bodycup di bagian belakang lensa.

6. Terakhir, jika Anda hendak men-servis kamera, pastikan Anda melakukannya di tempat-tempat terpercaya. Oleh ASP, Fitur Klasika Elektronik dan Perlengkapan Rumah Tangga (kfk.kompas.com)
  • Penulis : Administrator
  • Editor : Administrator

Foto Terkini